Thursday 28 June 2012

Mahasiswa dan Bisnis dalam Pekan SI Cerdas

Menyambut Dies Natalis program studi Sistem Informasi, Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur, pihak program studi mengadakan acara yang mengusung tema pekan SI Cerdas atau Sistem Informasi Cerdas. Dimana program studi Sistem Informasi yang berada pada kampus di bawah naungan Departemen Pertahanan tersebut memiliki visi dan latar belakang Business Intellegence atau bisnis cerdas.

Acara yang yang dilaksanakan pada tanggal 25 – 28 Juni 2012 ini berlangsung sangat meriah. Mulai dari bazar oleh mahasiswa, workshop Internet Marketing, dan seminar IT Preneurship – Enterpreneurship. Sesuai dengan tema, semua berhubungan dengan bisnis cerdas. Tidak hanya mahasiswa dari Sistem Informasi, namun juga ada mahasiswa Teknik Informatika langsung turun tangan dalam keikutsertaan, yang berasal dari semester 2 dan 4.


Pak Nur Cahyo W, S.Kom, M.Kom
KaProgdi Sistem Informasi
Stan bazar yang terletak di depan gedung Giri Reka, Fakultas Teknologi Industri tersebut diisi oleh para mahasiswa dari kedua program studi tersebut yang mengikuti kelas Kewirausahaan dan Sistem Informasi Manajemen. Proposal Business Plan dan bisnis yang mereka jalankan pun sangat berbobot dan kreatif. Mulai dari bidang kuliner  seperti Gorengan Soerabaja, Crispy Wader, Tahu Berontak, Telur Puyuh, Rainbow Bread, Donat Imut. Sedangkan pada bidang lain seperti penerimaan pemesanan kaos karikatur, jersey, hingga kaos jebolan distro atau butik dengan brand yang tengah menjadi properti salah satu band, sebut saja Blokade. Selain itu juga ada bisnis yang bergerak dalam bidang jasa penerimaan servis komputer serta jual beli, yaitu Java Computer.

Tidak kalah dengan bazar, workshop dan seminar pun tidak mau kalah meriah. Dibandrol dengan hanya tiga puluh rupiah kita dapat mengikuti kedua kegiatan tersebut. Dengan banyak pembicara yang dapat dibilang sebagai pakar dari Internet Marketing dan para pengusaha kelas atas. Workshop mengenai bagaimana cara kita untuk mulai berbisnis dengan media online seperti blog mulai dari enol. Sangat jelas dan sama apabila kita membayar dengan biaya yang tinggi. Juga dengan seminar IT Preneurship dan Entrepreneur dengan para pengusaha dan pembicaraan yang berkualitas.

Sangat menarik dan inspiratif hingga menggugah para mahasiswa untuk terpacu dalam mengembangkan bisnis, nampak antusiasme para mahasiswa ketika sesi tanya – jawab dibuka. “Apabila saya ingin membuka bisnis dalam bidang makanan atau kuliner dengan media penjualan online seperti blog, apakah ada tips atau cara-cara tersendiri?” tanya Media, mahasiswi Sistem Informasi.

Dalam seminar yang juga penutup dari pekan SI Cerdas, panitia mengumumkan siapa saja yang menjadi pemenang daripada proposal Business Plan terbaik. Dimana jatuh pada kelompok Java Computer dan Gorengan Soerabaja.









 

No comments:

Post a Comment

x