Tuesday 23 August 2011

Banyak Hal Tentangmu

Tidak hanya manusia yang wajib punya nama. Buatku binatang yang dengan setia menemani hari-hari kita juga wajib untuk diberi nama. Kan banyak toh yang bilang bahwa nama adalah sebuah harapan. Hahaha..

Tidak berbeda dengan postinganku sebelumnya, disini aku juga mengungkit-ungkit mengenai si Phyton Reticulatus. Sepanjang perjalanan pulang dari pasar Burung Bratang aku terus memikirkan nama untuk si-ular. Dan hingga akhirnya ada setitik sinar diatas helm-ku. Kata-kata DenBagus tiba-tiba saja mecungul dari pikiranku.

Sesampai di rumah, aku pun langsung tancap gas untuk berselancar di dunia mbah google untuk mengetahui lebih jauh mengenai si DenBagus. Betapa terkejutnya aku (agak lebay :p) setelah mengetahui sedikit-banyak profil mengenai DenBagus. Googling-googling hingga akhirnya aku membuka 2 blog sekaligus. (Baca:luwung.co.cc/phyton-reticulatus/ dan fahrizal182.blogspot.com/2011/03/sanca-kebang-phyton-reticulatus.html).

Seperti yang saya baca, ternyata si DenBagus punya banyak hal yang bisa dibanggakan (Alamak!). Sudah tertera dalam blog tersebut bahwa si Sanca Batik atau Sanca kembang tersebut memiliki banyak sekali kelebihan. Kelebihan disini bukan berarti si ular punya kelebihan racun atau bisa. Karena ular phyton tidak memiliki racun. Bayangkan! Baik kan? Hahaha

Kemudian yang lain, ular phyton jenis ini telah dinobatkan sebagai ular terbesar dan terpanjang  di dunia dalam buku rekor guinness. Pasti sudah banyak yang mengerti toh film Anaconda di tv. Nah itu merupakan tontonan yang menampilkan ular retics (sebutan akrab Reticulatus), meskipun sebenarnya si ular tidak sampai sebesar itu.

Kemudian dari sisi kehidupannya atau habitatnya bersama manusia, ular ini termasuk dalam ular yang ramah lingkungan. Karena jangka waktu usianya yang cukup lama, maka ular tersebut dapat kita jadikan sebagai teman atau sahabat. Kemudian sisi lain dikarenakan ular tersebut mudah akrab dengan manusia. Sehingga tidak sedikit manusia yang menggunakan atau memelihara retics tersebut.

No comments:

Post a Comment

x