Tuesday, 25 December 2012

Penggunaan Whatsapp Pada Laptop/PC - Android Emulator

Sebelum masuk ke inti, saya mau sedikit curhat nih. Ini semua karena pada awalnya saya nggak punya modem USB pribadi. Tapi untungnya saya punya pegangan ponsel android yang ber-provider CDMA. Jadi saya masih bisa menggunakan ponsel android saya sebagai modem. Akan tetapi ada kendala lain dalam penggunaan ponsel pribadi saya sebagai modem tersebut.

Yahh bisa dibilang sedikit privasi. Saya dan teman-teman, terutama pacar saya tetap stay in line atau berkomunikasi dengan menggunakan aplikasi chatting yang sekarang namanya sudah nggak asing lagi, Whatsapp. Kalau si ponsel tersebut saya gunakan sebagai modem, otomatis koneksi data atau internet yang tersambung di ponsel tersebut akan mati. Whatsapp pun juga ngga bisa digunakan. Dan otomatis lagi, komunikasi saya dengan mas pacar pun akan ter-pending dong hehehe :D

Whatsapp, merupakan sebuah alat komunikasi lewat teks atau aplikasi chatting. Dimana dulu Whatsapp hanya berjalan pada ponsel iPhone saja. Namun semakin berkembangnya teknologi, kini aplikasi Whatsapp-pun dapat berjalan di berbagai platform seperti Android, Symbian, Windows dan Blackberry. Selain bisa dijalankan pada ponsel, kini aplikasi tersebut juga bisa dijalankan pada device lain seperti pc, laptop dan tablet.

Dalam penggunaannya, Whatsapp lebih fleksibel daripada aplikasi lain misalnya Blackberry Messenger (BBM). Disini pengguna Whatsapp tidak perlu menambahkan pin atau user id. Hanya dengan menambahkan nomor pada kontak, dan otomatis akan masuk pada contact-list pada Whatsapp.

Akhirnya, untuk dapat terus keep-contact melalui Whatsapp dengan pacar, akhirnya saya pun mencari cara agar tetap bisa tetap online Whatsapp walaupun ponsel Android saya gunakan sebagai modem. Hehehe :D

Disini saya akan membagi secuil pengalaman pada pembaca mengenai Whatsapp pada PC atau laptop.

  1. Pertama-tama, download terlebih dahulu emulator untuk Android. Bisa didapatkan disini. Kemudian instal. Disini saya menggunakan Laptop Toshiba Satellite A80 dengan Windows XP sp2 di dalamnya. Selain menggunakan aplikasi Youwave. Juga bisa menggunakan aplikasi BlueStack. Namun semua tergantung akan kemampuan dari  laptop atau pc anda.

    Karena disini laptop saya masih berteknologi Intel Centrino dengan spesifikasi yang belum begitu tinggi, sehingga mau nggak mau pun saya hanya bisa menggunakan YouWave sebagai emulatornya. Namun apabila anda memiliki device yang dapat dibilang sudah canggih, maka anda dapat menggunakan BlueStack sebagai emulator.

  2. Kedua, setelah selesai menginstal emulator android, maka anda dapat mulai mengunduh aplikasi Whatsapp disini 

  3. Ketiga, menginstal aplikasi Whatsapp tersebut pada emulator android. Klik menu File pada emulator. Kemudian pilih menu Select apps dir. Lalu aku muncul folder explorer. Cari dimana folder letak aplikasi Whatsapp yang telah diunduh tadi. 









Jangan lupa klik Ok pada folder letak aplikasi Whatsapp, bukan file aplikasi Whatsapp yang diklik OK. Dan dengan otomatis Whatsapp akan masuk daftar aplikasi yang telah diunduh. 



Lalu klik dua kali agar aplikasi tersebut terinstal pada emulator android. Dan kemudian Whatsapp pun  terinstal pada emulator android pada laptop atau pc anda. Selanjutnya anda bisa mengoprasikan aplikasi tersebut seperti ketika anda mengoprasikan Whatsapp pada smartphone anda.




Untuk pemberian nomor identitas Whatsapp, anda bisa menggunakan nomor handphone yang tidak terdaftar pada aplikasi Whatsapp lainnya dan yang terpenting juga nomor tersebut masih aktif sehingga  dapat menerima SMS konfirmasi dari Whatsapp.






Voila! Akhirnya Whatsapp pada laptop atau pc menggunakan emulator pun telah dapat digunakan :D
















Proudly thanks for the source before http://mayatos.blogspot.com/2012/08/whatsapp-for-pc-download-cara-install.html

10 comments:

  1. support gawe Ubuntu nggak emulatore :D?

    ReplyDelete
  2. Mau tau aja apa mau tau banget? ;;)

    ReplyDelete
  3. kok nambah teman ga bisa ? cuma 1 doank

    ReplyDelete
  4. kok nambah teman ga bisa ? cuma 1 doank

    ReplyDelete
  5. gan pusing nih ane gak bisa2 udah ane install trus ane ikutin kata ente tapi hasilnya malah muncul tulisan ile_get_contents(http://www.youwave.com/TopApp/apklink1.html?search=&ip=1917780623) [function.file-get-contents]: failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 404 Not Found in /home/content/82/5634082/html/php/index.php on line 46

    nah tu gimane tuh gan tlng bantu ane gan

    ReplyDelete

x