Tuesday 6 December 2011

Berkat Sisi Positif Game

Hampir 2 mingguan ini saya tidak memperbarui isi dari blog saya. Memang terasa sangat memalukan. Apalagi mengingat banyak pernyataan bahwa blog seharusnya ter-update minimal seminggu sekali. Lha ini malah hampir 2 minggu. Sekali lagi sungguh aneh dan memalukan.

Memang selama 2 minggu berturut-turut hari-hari saya tidak sepi akan tugas, apalagi dengan tugas saya menjadi seorang ketua pelaksana dalam suatu seminar berjudul How Hacker Remote Windows yang syukur alhamdulillah  berjalan dengan lancar, dan juga tugas kuliah.

Di samping semua kesibukan itu, ntar  kenapa tiba-tiba tangan dan pikiran saya langsung menuju ke folder game pada saat laptop baru saja dinyalakan. Tanpa berpikir panjang dan memilih-milih, cursor saya langsung menekan aplikasi Visual Boy Advance. Dan segera me-load game Harvest Moon. Pasti hampir semua orang, tak harus gamer mengerti permainan yang awalnya cuma dapat dimainkan dengan PS - Play Station tersebut.

Saya sengaja mengulangi kembali permainan tersebut dari awal. Mulai dengan mempunyai rumah yang kecil, kebun yang kotor dan kosong, uang sedikit, harus memberikan bunga kepada wanita yang nantinya akan menjadi istri. Dan masih banyak lagi.

Hari demi hari saya terus melanjutkan permainan tersebut. Tanpa pikir panjang dengan tugas kuliah, karakter yang saya mainkan harus mendapat lebih banyak uang dengan mencari hasil tambang.

Memang pasti hampir kebanyakan orang menganggap game hanya membawa dampak buruk bagi orang-orang yang memainkan. Akan tetapi di sini saya hanya mau menyampaikan isi dari pada pandangan saya mengenai game atau permainan tersebut.

Game memang dapat membawa efek ketergantungan. Terutama apabila genre dari game tersebut sangat cocok dengan kaum laki-laki. Maka tak ada waktu tanpa memainkan permainan tersebut. Dimana pun tempatnya mereka bisa  bermain. Contoh nyatanya di kantin fakultas saya, ada beberapa segerombol mahasiswa yang selalu menyambungkan jaringan internet mereka kemudian bermain bersama.

Akan tetapi tidak semua dari permainan tersebut membawa efek negatif. Di sisi lain game dapat memberikan kesempatan pada si pemain untuk me-refresh otak dan pikiran mereka dari pekerjaan atau tugas-tugas yang menumpuk. Karena dengan bermain game dapat membuat kita merasa senang dan segar kembali. 

Selain itu memberi hiburan, di sisi lain game juga dapat memberikan beberapa ilmu berbeda yang mungkin jarang dibahas di sekolah. Contoh nyatanya: Awal mula saya bermain Harvest Moon adalah ketika saya duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama. Harvest Moon merupakan game yang menerapkan kesehariandari manusia, jadi tercantum juga waktu seperti tanggal, hari, jam, dan musim.

Nah, dari situ saya juga banyak belajar bahwa PM adalah keterangan waktu yang digunakan untuk pukul 12.00 siang keatas, sementara AM digunakan untuk mulai tengah malam hingga pukul 12.00 siang. Kemudian mengenai 4 musim yang menganut wilayah barat. Dan semuanya.

Tidak semua permainan membawa efek negatif, tapi memang jangan terlalu berlebihan apabila bermain :)

2 comments:

  1. wah, sering2 aja main, tugas lupain dulu...

    salam blogwalking

    hmsf08.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. JIAHAHAHAHAHAHAHA !
    sering-sering main soalnya masih semester 3 ,hahahhaa

    ReplyDelete

x